7 Faktor Penyebab Warung Makan Sepi Pembeli

7 Faktor Penyebab Warung Makan Sepi Pembeli - Usaha yang sedang lesu merupakan ujian yang sangat berat bagi para pengusaha. Warung makan yang tadinya rame kemudian tiba-tiba sepi menjadikan semangat untuk berwirausaha mejadi down. Namun, apapun alasan sepinya pelanggan, seorang pewirausaha haruslah tetap berfikir positif dan sportif bukan sebaliknya.


Faktor sepinya usaha bisa bermacam-macam tergantung dari sudut pandang permasalahan yang terjadi. Bisa jadi alasan seperti : rasa masakan, lokasi yang kurang strategis, datangnya pesaing baru, kebersihan, harga yang mahal, berita hoax atau fitnah dan pelayanan yang kurang memuaskan. Tidak terkecuali alasan yang tidak logis usaha warung makan sepi karena sihir dan guna-guna.
 
Masyarakat indonesia sering menjadikan alasan yang tidak logis sebagai penyebab sepinya usaha warung makan. Padahal jika kita mau menengok kesuksesan para perusahaan besar seperti KFC, StarBuck, MC Donald dan perusahaan resto besar lainya sangat jauh dari hal yang demikian. Begitu juga alasan sepinya usaha perusahaan besar tersebut, pastinya mereka menyikapinya dengan hal-hal positif seperti pengaturan ulang strategi pemasaran dan peningkatan pelayanan.

Baca Juga: Sejarah Perjuangan Bakso President Malang Hingga Sukses

7 Fator Penyebab Warung Makan Sepi Pembeli

#1. Rasa Masakan

Cita rasa masakan merupakan faktor utama yang membuat sepi atau ramenya pembeli.  Biasanya para pengusaha warung makan terlalu pede dan menganggap masakan yang paling enak adalah masakan buatanya. Padahal di luar sana banyak warung makan yang sejenis dan rasanya jauh lebih nikmat dari masakan anda. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk mencicipi dengan cara membandingkan masakan warung lainya atau mengundang seorang pelanggan untuk menjadi tester cita rasa masakan anda.

#2. Lokasi Yang Kurang Strategis

Lokasi yang sepi dan tidak dilewati oleh para pembeli juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Jika lokasi warung makan yang anda pilih karena murah bukan karena lokasi yang strategis itu sama halnya anda berjualan di kuburan. Lokasi yang strategis di pinggir jalan yang rame banyak di lewati pembeli biasanya memiliki harga sewa yang cukup tinggi. Namun, jika harga sewa masih bisa anda jangkau dan peluang konfersi penjualan masih menguntungkan maka jangan ragu-atau takut. Segera pindah lokasi tempat jualan anda ketempat yang di lewati banyak orang.

#3. Datangnya Pesaing Baru 

Siapapun boleh berdagang makanan dan tidak ada larangan, apalagi yang namanya bisnis kuliner apabila terlihat rame maka akan banyak yang meniru. Usaha anda akan sepi jika pesaing baru memiliki keunggulan yang lebih baik dari warung anda entah itu cita rasa, harga, pelayanan maupun faktor lainya. Hal yang harus anda lakukan adalah meningkatkan kualitas warung makan anda yang mana tidak bisa ditiru oleh usaha warung lainya.

#4. Kebersihan Warung Makan 

Kebersihan warung makan meliputi berbagai hal diantaranya adalah kebersihan tempat, kebersihan perabot masakan, dan kebersihan pelayan. Pembeli akan lebih merasa nyaman dengan warung makan yang bersih. Bersih tidak harus bagus namun tidak terlihat kotor dan jijik. Karena bersih dan tidaknya merupakan cerminan dari diri anda sebagai penjual.

#5. Berita Hoax atau Fitnah

Tidak dipungkiri berita hoax atau fitnah sering terjadi akibat persaingan usaha yang kurang spotif. Terkadang usaha yang sudah lama rame dan memiliki banyak pelanggan tiba-tiba sepi akibat berita hoax atau fitnah seperti berita hoax bakso tikus dan daging celeng. Meskipun memang ada beberapa penjual nakal namun tak sedikit juga terkena berita hoax atau fitnah.

#6. Harga Yang Mahal

Setiap pembeli akan lebih menyukai harga warung makan yang harganya murah. Seringkali kita dengar semboyan "Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima..."tidak heran jika pelanggan akan lari dari warung makan yang menawarkan harga lebih mahal dan memiih warung yang lebih murah. Ibaratnya jika ada yang lebih murah dengan kualitas yang sama, kenapa tidak...!

#7. Pelayanan Yang Kurang Memuaskan 

Penyebab sepinya usaha warung makan yang ke 7 adalah pelayanan yang kurang memuaskan. Menunggu teralu lama masakan, pelayan yang kurang ramah, parkiran sempit, warung makan suasana panas dan berbagai alasan pelayan lainya juga bisa menjadi Faktor Penyebab Warung Makan Sepi Pembeli.

Dari ulasan diatas semoga anda bisa mengetahui faktor penyebab sepinya warung makan anda. Faktor lain selain faktor spiritual juga perlu diperhatikan seperti rajin berdoa dan bersedekah dapat mempengaruhi rame dan sepinya usaha anda. Terimakasih terlah membaca artikel 7 Faktor Penyebab Warung Makan Sepi Pembeli



0 Response to "7 Faktor Penyebab Warung Makan Sepi Pembeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel